Laman

Rabu, 11 April 2012

Belajar Memahami Orang Lain



Memahami orang lain itu memang cukup sulit karena karakter setiap orang berbeda. Karena itu diperlukan sikap sabar dan pengertian. Dan kalau kita sudah paham akan sifat orang itu, kita tinggal menyesuaikan diri saja. Memang memahami itu butuh waktu yang cukup lama. Tapi kita disini belajar untuk memahami hal yang mendasar bagi setiap orang. Yaitu dengan cara membiarkan ia bercerita tentang dirinya. Dengan begitu kita akan sedikit mengetahui dirinya. Ttapi bagaimana kalau dia tidak bercerita? Kita coba pancing dengan pertanyaan. Misalnya, “Bagaimana kabarmu?” , “enak tidak bekerja disitu?”, atau jika sedang bisnis kita pancing dengan pujian. Tapi tentu melihat situasi dan kondisi. Jangan sampai kita jadi salah, sehingga malah membuat orang tersebut bermasalah. Bisa kita lihat dari raut wajahnya. 

Bagaimana bila ia bisa menyembunyikannya? Jika seperti itu kita bisa lihat dari matanya dan cara dia memandang atau melihat sesuatu. Kalau masih bisa menyembunyikan juga? Bukan manusia kayaknya tuh orang. Kita hanya perlu terampil mengetahui sikon (situasi dan kondisi) yang terjadi. Dan ketika berbicara, jangan asal jeplak saja. Bisa-bisa kita malah berbuat salah, walaupun pertanyaan yang dilontarkan besifat biasa dan terselip canda seperti, “Hai, Bagaimana? Sudah punya anak berapa?” meski terlihat sepele, tapi bagaiman bila orang tersebut sedang mempunyai masalah dengan hal tersebut, seperti istrinya yang tak kunjung hamil atau dia mendapat vonis dokter bahwa dia mandul. Itu bermasalah dan menimbulkan masalah.
Sudah cukup atau sudah mengerti? Jika belum, saya tambah sedikit lagi. Kita perlu peka atau berperasaan peka terhadap orang tersebut. Tak jauh berbeda dari sebelumnya. Bagian ini kita harus berperasaan peka sama seperti kita melihat raut wajah atau mata. Hanya saja ini menggunakan perasaan (hati/heart). Kita mencoba untuk merasa apa yang sedang ia rasakan, dari sikapnya sudah pasti terasa jika kau peka atau tanggap terhadap sikapnya itu. cara melatihnya bagaimana? Yaitu dengan berkumpul dengan banyak orang.

1 komentar:

  1. trimakasih gan sudah berbagi ilmu semoga bermanfaat bagi para pembaca salam sukses

    BalasHapus